Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Naik Kereta Api Jarak Jauh

CILEGON, C.T.T - Hari Sabtu kemarin, kami sekeluarga mencoba naik kereta api jurusan Merak - Tanah Abang, Jakarta. Ini merupakan kali pertama keluarga kami kompak naik bersamaan.

Beberapa tahun yang lalu, di saat industri kereta api belum berjaya. Kereta api dianggap sebagai alat transportasi alternatif, yakni bila jalur lain tidak memungkinkan dilalui, maka kereta apilah solusinya.

Untuk masyarakat sekitaran Jabodetabek, menggunakan alat transportasi jenis ini tentulah tidak aneh. Mereka sering menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari menggunakan KRL (Kereta Listrik) dalam perjalanan jarak dekat.Yang menjadi hal tidak biasa ialah menggunakan kereta api untuk perjalanan jarak jauh.
Nah, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum naik kereta api jarak jauh. Di antaranya:
1. Pastikan sohib mengetahui informasi jadwal kereta api yang dimaksud, bisa bertanya ke tetangga, saudara, maupun internet.
2. Belilah tiket seminggu sebelum keberangkatan. Hal ini bertujuan agar sohib melakukan perkiraan waktu dan biaya sebelum memutuskan naik kereta.
3. Belilah tiket keberangkatan dan kepulangan secara bersamaan. Tujuannya agar tiket yang kita inginkan tidak habis.
Industri perkereta-api-an saat ini sudah dianggap layak sebagai moda transportasi umum. Bahkan pada tingkat/kelas ekonomi sekalipun sudah cukup memuaskan. Terlebih dengan dilarangnya pedagang makanan/minuman memasuki kereta ini.
AC (Air Conditioner)-nya pun berjalan dengan baik. Sehingga penumpang merasakan kenyamanan saat duduk di kereta ini.

Kekurangannya?
Berkenaan dengan dilarangnya pedagang berjualan, maka pikhak PT. KAI (Kereta Api Indonesia) mengadakan fasilitas restoran berjalan. Namun, harga makanan/minuman yang ditawarkan di kereta api jarak jauh sungguh mahal. Dapat dimaklumi, hehe...
Berminat naik kereta api jarak jauh? Mari cintai moda transportasi publik demi terciptanya lingkungan sehat dan bebas kemacetan.
Share on Google Plus

About Van D Rider

Seorang yang serba penasaran. Memiliki rasa keingintahuan pada hal yang berbau bahasa, pendidikan, dan teknologi. Kunjungi blog yang lainnya di van-d-teach.blogspot.com dan ivanantonia.wordpress.com untuk menelusuri dunianya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar