Pengalaman Wawancara Kerja PT Surya Madistrindo

SERANG, C.T.T. - Sudah lama saya ingin berbagi kisah ini, namun baru sekarang niat ngetik. Hehe... Kejadian ini saya alami pada bulan Februari 2015. Saat itu, saya memang pengangguran dan bingung mencari pekerjaan. Sebelumnya, pada November 2014, saya sudah menaruh berkas lamaran saya di Job Fair Banten di Palima, Serang, Banten. Nampaknya, panggilan untuk tes tulis baru dimulai tiga bulan kemudian.

Langsung pada poinnya, kantor PT Surya Madistrindo wilayah Serang terletak di Kepandean, Serang. Jujur, saya masih belum tahu lokasinya pada saat tes tulis tiba, maka, saya bertanya pada orang-orang selama di perjalanan dengan angkutan umum.

Sesampainya di lokasi, saya diwajibkan untuk registrasi ulang peserta. Saya pikir, rangkaian proses rekrutmen ini akan memakan waktu sehari saja, ternyata tidak. Ini baru tahap pertama dari beberapa rangkaian selanjutnya.

Para peserta diarahkan untuk masuk ke sebuah ruangan di lantai dua. Meja panjang dan bangku tertata sudah disiapkan panitia seleksi. Mbak HRD lalu masuk dan memberikan beberapa informasi terkait PT Surya Madistrindo yang merupakan anak perusahaan rokok Gudang Garam. Kemudian, Mbak HRD itu melayangkan sejumlah pertanyaan terkait Gudang Garam. Beberapa peserta antusias menjawabnya (mungkin masuk poin kali ya?).

Tahap pertama, yakni tes tulis. Awalnya, diharuskan menjawab hitungan dalam waktu yang ditentukan, lalu soal selain hitungan berupa pilihan ganda, tenang saja.

Setelah itu, tahapan selanjutnya ialah menunggu hasil tes tulis. Kata Mbak HRD-nya sih lagi sibuk, jadi butuh maksimal 2 minggu untuk menunggu telepon panggilan tes wawancara. Okelah kalo begitu.

Seminggu berlalu, saya dapat panggilan untuk tes wawancara di PT Surya Madistrindo pusat, yakni di wilayah Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Karena wawancara dimulai pukul 10.00, saya harus berangkat dari pukul 05.00 subuh karena bus yang menuju ke sana jarang ditemui dari arah Merak ke Cempaka Putih.

Bagi yang masih bingung jalurnya, dari arah Barat naik bus jurusan Pulo Gadung, turun di Honda Cempaka Putih. Lalu, naik ojeg ke Gudang Garam (Udah pada tahu tukang ojeknya juga). Sampai deh, ke gedung lama GG warna putih.
Gambar 1.1. Gedungnya ada dua, yang dipakai wawancara yang sebelah kanan.
Datang ke sana, saya lihat kantornya sangat besar (tapi sayang ngga ada masjidnya). Saya menunggu berjam-jam. Berkumpul dengan semua peserta wawancara kerja yang berjumlah 20 orang. Semua dari Serang, Banten. Sampai akhirnya tiba giliran saya interview. Mbak HRD pusatnya masih muda dan ramah, namanya Mbak Flo, karena agak kagok, saya panggil Bu Flo aja deh. Hehe...

Pertanyaan sulit yang diajukan oleh Mbak HRD ialah prestasi apa yang didapatkan dari pekerjaan sebelumnya. Jujur deh jawabnya. Selesai wawancara, pulang bareng 'sisa' pejuang kerja. Akhirnya terdampar juga di Cilegon.

Bagi teman yang ingin tahu lebih lanjut tentang pengalaman kerja/ wawancara kerja di perusahaan ini, dapat mengunjungi link sohib blogger lainnya. Semoga bermanfaat.

Map petunjuk lokasi perusahaan (via Google Earth)
https://www.google.com/maps/place/Gudang+Garam/@-6.1713428,106.8770639,3a,75y,266.32h,100.25t/data=!3m7!1e1!3m5!1sBTR9zAAICBBgC9Wijl3DlA!2e0!6s%2F%2Fgeo0.ggpht.com%2Fcbk%3Fcb_client%3Dmaps_sv.tactile%26output%3Dthumbnail%26thumb%3D2%26panoid%3DBTR9zAAICBBgC9Wijl3DlA%26w%3D223%26h%3D75%26yaw%3D228%26pitch%3D0%26thumbfov%3D120%26ll%3D-6.171343,106.877064!7i13312!8i6656!4m2!3m1!1s0x2e69f50333bacef1:0x82a7c4a6c72e5ddb!6m1!1e1

Kisah pengalaman lainnya:
http://adamjembret.blogspot.com/2015/03/pengalaman-kerja-di-pt-surya_5.html
https://vanzimi.wordpress.com/2014/10/01/pengalaman-tes-omt-pt-surya-madistrindo-distributor-gudang-garam/
Share on Google Plus

About Van D Rider

Seorang yang serba penasaran. Memiliki rasa keingintahuan pada hal yang berbau bahasa, pendidikan, dan teknologi. Kunjungi blog yang lainnya di van-d-teach.blogspot.com dan ivanantonia.wordpress.com untuk menelusuri dunianya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Thanks infonya... Saya juga berencana mengikuti OMT di SM Madiun.
    achmadberbagi.blogspot.com

    BalasHapus