Modus Penipuan Kerja Berkedok Barang Hilang

SERANG, C.T.T. - Dewasa ini, mencari kerja bukanlah perkara mudah. Ada kalanya ketika kita sudah diterima di suatu perusahaan, malah kita dibohongi/ ditipu oleh oknum yang bekerjasama di perusahaan tersebut. Hal ini dialami oleh sepupu saya sendiri. Berikut sepenggal kisahnya:

Foto ilustrasi pekerja di gudang logistik
Ketika itu, sepupu (perempuan) saya diterima di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang logistik. Dia ditempatkan sebagai manager sebuah gudang yang berisi banyak kotak kardus. Tentunya, orang yang awam mengira di dalam kotak kardus tersebut terdapat barang yang harus didata dan dijaga. 

Tampaknya, kelengahan ini dimanfaatkan oleh pihak oknum perusahaan tersebut. Entah hal ini sudah direncanakan sebelum sepupu saya diterima atau tidak, pastinya hal ini belum membuat sepupu saya menaruh curiga sedikitpun.

Hari yang direncanakan oleh sekelompok oknum pun tiba. Sepupu saya ditanya oleh atasannya perihal barang yang berada dalam gudang 'mendadak' hilang. Kontan saja hal tersebut membuatnya terkejut. Padahal, dia belum sampai satu minggu bekerja di perusahaan tersebut.

Alhasil, perusahaan menuntut sepupu saya untuk mengganti rugi sebesar barang yang hilang. Sekitar 20 juta harus dikeluarkan untuk menebus 'kesalahan' yang sama sekali tidak dilakukannya.
Foto ilustrasi keadaan gudang barang
Perlu ditekankan, untuk para pencari kerja, jangan terbuai oleh posisi yang dijanjikan perusahaan. Terlebih, jika perusahaan tersebut menjanjikan posisi level senior untuk fresh-graduate. Hal tersebut nyaris tidak mungkin bagi lulusan baru yang belum berpengalaman sedikitpun untuk menduduki jabatan tingkat senior. Semoga kisah ini dapat membuat kita lebih waspada.

Sumber gambar:
https://imslogistics.files.wordpress.com/2013/10/foto-gudang-aloha-2.jpg
http://cisdel.com/2011/11/30/gambar-suasana-di-dalam-gudang-amazon-com/
Share on Google Plus

About Van D Rider

Seorang yang serba penasaran. Memiliki rasa keingintahuan pada hal yang berbau bahasa, pendidikan, dan teknologi. Kunjungi blog yang lainnya di van-d-teach.blogspot.com dan ivanantonia.wordpress.com untuk menelusuri dunianya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar