Modus Orang Tua Renta di ATM

FACEBOOK.COM, C.T.T. - Saya menemukan info berharga ini dari akun FB teman saya. Isinya tentang kejahatan penipuan gaya baru yang bertujuan untuk menjerat korbannya agar menjadi tersangka di persidangan. Seperti apa modusnya? Berikut sepenggal kronologinya:
Foto ilustrasi
   Hari ini saat saya ada perlu ke ATM, di pintu ada seseorang yang sudah tua, berjalan mendekat, tiba-tiba berhenti, kemudian mengatakan kepada saya bahwa dia tidak bisa membaca, dan mengeluarkan kartu ATM, meminta untuk membantunya menarik uang di ATM.
   Saya menjawab bahwa saya tidak bisa membantunya, dan menyuruhnya untuk minta tolong petugas keamanan (sekuriti) yang ada di situ untuk membantu. Lalu dia menjawab, "Tidak usah kalo ngga mau bantu!". Kemudian, dia mencari orang lain yang sedang lewat untuk membantunya menarik uang di ATM. Tetapi, orang itu juga memberi saran agar meminta bantuan security.

Pesan dan Saran:
   Teman-teman, ketahuilah bahwa di tempat ATM selalu dipasang kamera CCTV. Jadi jika dia kelak menuduh kita merampoknya atau mencuri kartu ATM-nya, dan mengatakan memaksa untuk mengambil uang yang tersisa dan kita terlihat dalam rekaman video di ruang ATM, hal itu pasti akan membuat Anda kalah di persidangan!
   Rekannya akan melakukan pendekatan agar anda membayar uang damai supaya penuntutan dibatalkan.Sdh ada rekan yg pernah mengalaminya dan sekarang masih dalam proses tuntutan hukum. Ini adalah modus penipu cara baru!
   Beritahukan teman dan keluarga segera agar tidak tersandung kasus serupa. Tindakan yang paling tepat memang adalah seperti di atas tadi, beritahu dia agar minta bantuan Satpam bank/ATM-nya.

Membantu orang adalah pekerjaan yang mulia dan memuliakan Tuhan, tapi waspada karena penjahat selalu punya cara untuk menjerat mangsanya.

Jadi, bagi para pengguna ATM yang baik dan budiman, perlu juga kita mewaspadai hal-hal tersebut di atas. Semoga bermanfaat dan dapat disebarluaskan.
Share on Google Plus

About Van D Rider

Seorang yang serba penasaran. Memiliki rasa keingintahuan pada hal yang berbau bahasa, pendidikan, dan teknologi. Kunjungi blog yang lainnya di van-d-teach.blogspot.com dan ivanantonia.wordpress.com untuk menelusuri dunianya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar