Dealer Motor Penipu

CILEGON, C.T.T. - Demi penjualan pabrikan yang terus meningkat, segala cara dan upaya dilakukan oleh salesman selaku prajurit yang berada di garda terdepan marketing perusahaan. Nah, di antara para 'prajurit' inilah, ada beberapa yang menggunakan berbagai macam trik, mulai dari trik kreatif yang jujur sampai trik kreatif tapi tipu.

Ane sangat bersyukur, ketika hendak membeli motor, mendapati dealer yang jujur. Suatu kebetulan karena pada saat itu dealer inilah yang paling dekat dengan rumah ane. Terus terang, di dealer Yamaha yang serupa di kota Cilegon dan sekitarnya (Serang/Tangerang/Lainnya), masih terdapat oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan calon pembeli.
Bro Erul ini diberi NMax Non ABS, padahal di pembayaran tertera ABS.
Contoh yang nyata (namun sengaja saya tidak jelaskan secara detail) sebagaimana berikut:
1. Oknum dealer/salesman tidak mau dibayar secara tunai (harus cicil/kredit)

2. Oknum dealer/salesman memberikan barang serupa tapi tak sama - Link: https://www.facebook.com/groups/Yamahanmax/permalink/1215099045185957/
Contoh: Beli Yamaha N-Max ABS, malah diberi yang Non ABS. Selisihnya bisa sampai 4 jutaan, sob!

3. Oknum dealer/salesman ingin meminta uang tambahan dari harga yang ditentukan di brosur (istilah lainnya disebut upping price)
Trik ini pun terbagi lagi ke dalam beberapa bagian, di antaranya:
a. Oknum bilang bahwa unit yang dimaksud sedang kosong dan meminta calon pembeli untuk menambahkan uang sebagai jaminan untuk mendapatkan unit/produk yang diinginkan. Padahal, unit tersebut sudah ada. Walaupun belum ada, tidak boleh dikenakan biaya tambahan.
b. (Berkaitan dengan poin satu) Oknum dealer/salesman tidak mau dibayar secara tunai karena merasa rugi dengan keuntungan tipis. Secara tidak langsung, oknum tersebut ingin adanya uang tambahan.

Nah, dari tiga poin di atas, perlu adanya kewaspadaan dari kita selaku calon pembeli. Jangan sampai karena ketidaktahuan kita, uang beberapa juta melayang. Lumayan padahal untuk biaya modifikasi motor biar tampil beda. Hehe...
Share on Google Plus

About Van D Rider

Seorang yang serba penasaran. Memiliki rasa keingintahuan pada hal yang berbau bahasa, pendidikan, dan teknologi. Kunjungi blog yang lainnya di van-d-teach.blogspot.com dan ivanantonia.wordpress.com untuk menelusuri dunianya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar