Modus Penipuan Berkedok Dokumen yang Tertinggal

TASIKMALAYA, C.T.T. - Zaman sekarang, harga kebutuhan pokok semakin meningkat. Mau melamar kerja saja pakai uang pelicin. Bagaimana ngga barokah hidup kita? Oke... itu dari rasa syukur kita. Sekarang kita lihat fenomena di sekitar kita akan orang yang kepepet uang sampai rela menipu. Parahnya lagi, sasarannya ialah orang yang berbaik hati ingin mengembalikan dokumen. Bagaimana kronologinya?

Gambar 1.1. Contoh dokumen yang 'tertinggal' yang digunakan pelaku
 Berikut penuturan korban yang nyaris kena tipu:

Kalau ada yg menemukan amplop warna coklat bertulisan PT. CITRA NUSANTARA PERSADA maupun sejenisnya, trus ada stempel secret document diluarnya.
didalam amplop tersebut ada surat SIUP dan cek senilai 1.700.000.000,00
di surat SIUP tersebut ada nama pemilik perusahaan dan nmr hp nya.
dengan nama Ir.BAMBANG SUPRIYAMBODO - PRESIDEN DIREKTUR.
kemaren saya menemukan ampolp tersebut dan saya kira itu surat penting dan ada cek senilai 1,7M,
jdi saya berpikir pasti orangnya butuh surat ini apa lg ada uangnya juga trus saya berniat buat mengembalikan surat tersebut kepada pemiliknya.

Maka saya hubungi nmr yg ada di surat tersebut, saya bilang k orangnya apa bapak puunya surat yg hilang?, trus dia lansung jawab benar saya kehilangan surat perusahaan saya sama cek didalamnya dng nominal 1,7M, terus dia tanya apa bapak menemukan surat saya itu? iya saya menumkannya , makanya saya tlpon nmr ini siapa tau bapak butuh surat ini kata saya k dia, lalu orang itu berterima kasih kepada saya.

Dia bilang untuk tanda terimakasih saya ke bapak saya akn berikan apapun yg anda mintak, lalu saya bilang saya gak mintak apa'' saya cuma niat mengembalikan saja barangkali bapak butuh surat'' tersebut, kalau bapak mau ambil saja ke tempat saya, ntar saya kasih alamat saya ke bapak, jadi dia tanya emang bapak dimana? saya bilang saya di tasikmalaya, katanya dia dijakarta dia mintak tolong surat tersebut di paketkan lewat TIKI atau JNE tapi saya bilang k dia bisa tapi gak sekarang karna saya lg kerja palingan besok, oke gpp katanya.

Terus dia minta ke nmr rekening saya, lalu saya tanya buat apa? katanya dia semalam berdoa dan bernazar kalau ada yg menemukan surat tersebut dia kan meberikan orang tersebut uang senilai Rp.150 jt.

Awalnya saya tolak walau dalam hati berkata lumayan tuh hehehe, katanya mohon diterima soalnya ini udah nazar saya semalam, jadi saya pikir'' lumayan lah buat modal usaha hehehe jadi saya kirimkan norek saya, lansung dia menyuruh saya k ATM terdekat untuk lansung mencek uangnya masuk apa belom, sampai di ATM katanya uang yg saya kirim itu uang dri rekening perusahaanbukan dri rekening pribadi jadi harus di registrasi dulu dengan cara anda harus mengikuti petunjuk saya, trus dia malah nyuruh saya mengirim uang ke rekening perusahaan dia dulu buat tanda registrasi, saya lansung kepikiran ini mah penipuan, lansung saya cancel di ATM tersebut. Saya lansung pulang dan saya lihat di google tentang surat ini ternyata udah ada yg ketipu dengan surat ini, bahkan ada yg tabungan nya habis dikuras semuanya.

Weeelah dalaah... Kreatif sih... Punya jiwa entrepreneur sih... Tapi rela nipu orang? Kepepet butuh uang sih iya, tapi ngga gitu juga caranya keleees... (lho kok adminnya jadi lebay gini?)

Sumber Info dan Gambar Selengkapnya: Group FB
Share on Google Plus

About Van D Rider

Seorang yang serba penasaran. Memiliki rasa keingintahuan pada hal yang berbau bahasa, pendidikan, dan teknologi. Kunjungi blog yang lainnya di van-d-teach.blogspot.com dan ivanantonia.wordpress.com untuk menelusuri dunianya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar